Akuntansi Keuangan Daerah Satuan Kerja Perangkat Daerah
August 16, 2022
Suryaningsih Suryaningsih

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Akuntansi Keuangan Daerah Satuan Kerja Perangkat Daerah Image
Abstract

Buku ini memberikan gambaran mengenai ilmu akuntansi keuangan daerah terkhususkan untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah, Permendagri, dan PMK. Buku ini terdiri dari 11 Bab yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut:
Pada bab 1 menjelaskan tentang Akuntansi Pemerintahan secara umum yang diawali dengan pengertian dari akuntansi pemerintahan itu sendiri, serta penjelasan – penjelasan lainnya seperti karakteristik, llingkungan, peranan, tujuan dan syarat menerapkan akuntansi pemerintahan serta standar akuntansi pemerintahan yang digunakan. Selanjutnya untuk bab dua lebih mengerucut menjelaskan tentang akuntansi keuangan khusus daerah seperti metode pencatatannya, prinsip akuntansinya hingga ke bentuk – bentuk laporan keuangan pemerintah daerah.
Bab tiga menjelaskan tentang satuan kerja perangkat daerah dari pembahasan mengenai informasi tentang SKPD hingga ke bentuk jenis laporan keuangan yang digunakan pada SKPD. dan untuk bab empat penulis menjelaskan tentang sistem akuntansi pada SKPD yang berhubungan dengan PPKD serta pembuatan bentuk akun dan cara penomoran setiap akun berdasarkan Permendagri Nomor 64 tahun 2013. Selanjutnya pada bab 5 penulis menjelaskan mengenai siklus akuntansi pada SKPD di awali dengan persamaan dasar akuntansinya, penentuan fungsi debet kreditnya serta teknis pencatatan pembuatan jurnal hingga ke bentuk laporan keuangan.
Pada bab enam. Materi yang dijelaskan yakni mengenai dokumen pelaksanaan anggaran yang bagaimana penyiapannya, hingga ke bentuk dokumen – dokumen yang di harus digunakan. Dan selanjutnya untuk bab tujuh sampai dengan bab 10 penulis menjelaskan mengenai akuntansi pendapatan LO, Pendapatan LRA, Belanja dan Beban dari pengertian secara umum hingga klasifikasinya, pengakuan,pengukuran,pencatatan hingga ke penyajiannya serta bagaimana penatausahaannya berdasarkan peraturan pemerintah.
Dan bab terkahir pada buku ini yakni bab 11 merupakan pembahasan terkait contoh penyelesaian akuntansi keuangan daerah untuk SKPD.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Manajemen Mutu Pendidikan
Manajemen Mutu Pendidikan Image
Malaria dan Kehamilan
Malaria dan Kehamilan Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads