Embung Anak Munting
Junho 30, 2023
Melkior Alexander Lukas, Alfred Fredrich Lukas, Nahason Hariandja, Pahlawan Perang

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads
Embung Anak Munting Image
Abstract

Buku ini merupakan edisi pertama sebagai kepedulian Tim Penulis dalam menjawab tantangan dalam membangun infrastruktur bidang Sumber Daya Air (SDA). Dalam membangun infrastruktur SDA selalu mengacuh pada Lima pilar sumber daya air yaitu: (1) konservasi sumber daya air, (2) pendayagunaan sumber daya air, (3) pengendalian daya rusak air, (4) sistem informasi sumber daya air (SISDA), dan (5) peranan masyarakat dan swasta dalam pengelolaan SDA.

Air merupakan salah satu sumberdaya yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa air manusia tidak bisa hidup termasuk binatang dan tumbuhan. Oleh karena itu air harus dikelola secara baik sehingga menjadi sumberdaya yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Penggunaan sumber daya air, meliputi penggunaan untuk keperluan air minum, irigasi, air baku untuk industri, air baku perkotaan, rumah tangga, pemeliharaan sungai, untuk transportasi, untuk pariwisata, pembangkit listrik tenaga air dan lain-lain.

Buku ini memberikan informasi bagi semua pembaca tentang pentingnya Embung yang dibangun dimana mempunyai fungsi menampung dan menjamin ketersediaan air untuk berbagai kebutuhan masyarakat, baik di musim kemarau maupun penghujan. Selain itu embung juga berfungsi untuk mengisi air tanah sebagai bagian upaya konservasi lingkungan.

Embung Anak Munting memiliki kapasitas tampung 159.481,10 meter kubik dan luas genangan 4,5 hektar. Fungsi utamanya adalah untuk konservasi dan mendukung pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
AKUNTANSI PUBLIK
AKUNTANSI PUBLIK Image
Asas-Asas Hukum Tata Negara
Asas\u002DAsas Hukum Tata Negara Image
Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads