Green City Teori, Konsep dan Atribut Penilaian
August 30, 2023
Hasddin Hasddin, Rostin Rostin, Edward Ngii, Asrip Putera, Safril Kasim + 2 more authors

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Green City Teori, Konsep dan Atribut Penilaian  Image
Abstrak

Buku ini sebagai kontribusi ilmiah dalam mengulas peran kota untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan dengan pendekatan konsep green city. Green city sebagai skema yang memformulasikan langkah-langkah praktis bagi pemerintah kota guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Konsep ini menjadi urgen guna menjembatani gap antara kota sebagai konsentrasi penduduk dengan segala bentuk aglomerasinya, saat yang sama aktivitas penduduknya disinyalir banyak menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan. Isu-isu ketidakseimbangan tersebut kemudian dikemas ke dalam atribut green city.

Bahasan buku ini, diawali dengan menyajikan konsep mengenai kota dan pertumbuhannya, kemudian teori elemen kota, kota yang berkelanjutan, serta green city dan atribut penilaiannya. Setiap negara memiliki atribut penilaian green city, tetapi pada prinsipnya memiliki kesamaan. Di antara atribut yang disajikan dalam buku ini adalah atribut yang digunakan di Eropa, Amerika, Asia, termasuk di Indonesia yakni Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH).

Poin penting yang menjadi kebaruan informasi buku ini yang belum banyak diulas adalah teori elemen (bentuk dan sejarahnya), perbedaan ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang terbuka non-hijau atau ruang publik dalam implementasinya untuk kota hijau (green city). Terakhir adalah menyajikan teknik analisis green city sebagai rujukan bagi peneliti dalam menilai kinerja kota yang berkelanjutan.

Full text
Show more arrow
 

Metrik

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads